• Selasa, 4 Oktober 2022

Sungai di Jateng Selatan Perlu Penanganan Khusus, Antisipasi Banjir dan Erosi Daerah Aliran Sungai

- Kamis, 22 September 2022 | 22:40 WIB
Sungai di Jateng Selatan Perlu Penanganan Khusus
Sungai di Jateng Selatan Perlu Penanganan Khusus

KLIKSEMARANG.COM  - Sungai di jateng Selatan harus mendapat perhatian khusus. Pasalnya wilayah tersebut masih bergabung dengan Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) yang masuk dalam koordinasi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Adanya Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dibagian selatan Jawa Tengah sangat urgent.

Banyak sungai yang memerlukan penanganan serius untuk bisa menjadi sungai yang dapat berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Minimalkan Kecelakaan Lalu Lintas, Perlu Edukasi dan Gandeng Instansi Terkait

Dikatakan Senator asal Jawa Tengah, Dr. Abdul Kholik, bahwa sungai di bagian selatan Jawa Tengah perlu memiliki Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) tersendiri.

Alasannya, selama ini kurang optimal karena penanganan sungai di wilayah itu masih tergabung dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) yang masuk dalam koordinasi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

''Sungai Serayu saat ini kondisinya semakin kritis. Dan juga banyak sungai lain yang perlu mendapat penanganan serius seperti Kali Klawing di Purbalingga, Sungai Luk Ulo di Kebumen, Sungai Bogowonto di Purworejo dan lainnya. Maka, apabila selama ini disatukan penanganannya dengan Provinsi DIY, lingkupnya menjadi terlalu besar dan luas sehingga tidak optimal,'' kata Abdul Kholik, di Jakarta, Kamis  22 September 2022.

Menurut Kholik, beberapa tahun terakhir memang terjadi banjir besar di wilayah Banyumas, Cilacap, dan Kebumen. Banjir ini menggenangi area yang sangat luas dan lama surutnya. Kerugian sangat besar karena merupakan lahan pertanian yang subur."Berkali-kali panen gagal karena banjir tak kunjung surut dalam waktu singkat,'' ujarnya.

''Saya sudah berkoordinasi dengan senator DIY membahas soal ini. Mereka memberi respon positif dan mendukung adanya balai besar wilayah sungai tersendiri di Jawa Tengah Selatan. Apalagi selama ini di wilayah Yogyakarta BBWSSO itu harus menangani banyak sungai,'' kata Abdul Kholik.

Halaman:

Editor: Dwi Widiya

Sumber: Senator Abdul kholik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X