• Selasa, 4 Oktober 2022

BERITA DUKA: Djawahir Muhammad, Seniman Senior Semarang Berpulang

- Jumat, 23 September 2022 | 05:41 WIB
Djawahir Muhammad, seniman senior Semarang berpulang
Djawahir Muhammad, seniman senior Semarang berpulang

KLIKSEMARANG.COM - Djawahir Muhammad, seniman Semarang meninggal dunia pada Kamis, 22 September 2022, pukul 20.20 WIB di RSND (Rumah Sakit Nasional Diponegoro), Tembalang, Semarang.

Kepergian almarhum untuk selama-lamanya membuat kalangan seniman, terutama di Semarang, merasa sangat kehilangan.

Ketua Umum Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) Gunoto Saparie mengatakan, Djawahir menderita sakit stroke beberapa tahun terakhir ini. Akibatnya, aktivitas dan kreativitasnya di bidang kesenian, terutama sastra dan teater, terkendala.

Baca Juga: Sungai di Jateng Selatan Perlu Penanganan Khusus, Antisipasi Banjir dan Erosi Daerah Aliran Sungai

Menurut Gunoto, Djawahir adalah salah seorang pendiri DKJT pada tahun 1993 bersama antara lain Prof Ir Eko Budihardjo MSc, Drs Yudiono KS SU, Drs Soetrisman MSc, dan Dr. Bambang Sadono. Di DKJT Djawahir sempat menjabat ketua bidang kreativitas dan sekretaris umum.

"Bahkan tesis S-2 Djawahir di Universitas Negeri Semarang adalah manajemen kesenian dengan studi kasus DKJT. Semangat akademis dan intelektual almarhum patut dipuji. Sayang malam sebelum ia ujian S-3 almarhum terserang stroke," kata Gunoto kepada Kliksemarang.com, Jumat 23 September 2022.

Gunoto menambahkan, Djawahir tahun 1970-an mendirikan Teater Kuncup dan tahun 1980-an mendirikan Teater Aktor Studio. Sejumlah even kesenian monumental telah membuat Semarang yang gersang akan kesenian menjadi hidup dan bergairah.

Baca Juga: Polresta Banyumas Tangkap Mantan Kades, Diduga Korupsi Dana Desa

"Dalam sejarah kesenian di Semarang, apa yang dilakukan Djawahir dengan Semarang dalam Sajak, Pesta Hujan, dan Festival Bambu, patut dicatat. Ia juga orang yang secara otodidak belajar tentang sejarah dan budaya Semarang, meskipun belum setotal Amen Budiman," katanya.

Gunoto menambahkan, almarhum juga sempat menjadi anggota Komisi E DPRD Jateng dari PPP dan Humas Unissula.

Halaman:

Editor: Asha AS

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X