• Selasa, 4 Oktober 2022

Pengen Minum Madu Tapi Takut Gula Darah Naik, Tenang, Ada 3 Cara Minum Madu yang baik Bagi Orang Diabetes

- Minggu, 18 September 2022 | 15:32 WIB
Pengen Minum Madu Tapi Takut Gula Darah Naik, Tenang, Ada 3 Cara Minum Madu yang baik Bagi Orang Diabetes (Pixabay / fancycrave1)
Pengen Minum Madu Tapi Takut Gula Darah Naik, Tenang, Ada 3 Cara Minum Madu yang baik Bagi Orang Diabetes (Pixabay / fancycrave1)



KLIKSEMARANG.COM - dr. Zaidul Akbar membeberkan cara yang baik minum madu bagi orang Diabetes supaya kadar gula darah tidak langsung naik setelah meminumnya.

Umumnya, bagi pengidap penyakit Diabetes minum madu diperbolehkan asalkan tidak berlebihan dan yakin bahwa kandungan di dalam madu mampu menyehatkan tubuh kata dr. Zaidul Akbar.

dr. Zaidul Akbar menyarankan 3 cara minum madu yang baik agar kadar gula darah pada pengidap Diabetes tetap terkontrol.

Baca Juga: Merasa Nyeri Saat Haid dan Tidak Lancar, Cobain Cara Alami Ini Dijamin Langsung Teratasi

Dikutip Kliksemarang.com dari kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, berikut 3 cara minum madu yang baik yang disarankan oleh dr. Zaidul Akbar.

1. Jangan takut akan menambah penyakit

Kata dr. Zaidul Akbar, madu tidak hanya berisi gula saja, tetapi juga banyak mengandung senyawa lain seperti vitamin, mineral, enzim, asam amino, dan zat-zat bermanfaat bagi tubuh lainnya.

“Jangan muncul ketakutan saat Anda mengonsumsi madu karena kandungan gula di dalamnya. Gula pasir emang nggak sehat, tapi madu kan isinya bukan gula saja, maka minumlah dengan hati yang tenang, bahagia, dan hati yang berharap kesembuhan kepada Allah,” ucapnya.

Baca Juga: Cara Masak Nasi Putih yang Tepat Agar Berat Badan Tidak Naik, Ini Kata dr. Zaidul Akbar

2. Tentukan dosis sesuai respons tubuh

Menentukan dosis terbaik minum madu bagi penderita Diabetes, dapat diketahui dengan melihat respon tubuh usai mengonsumsinya kata dr. Zaidul Akbar.

Ia menyarankan, dosis minum madu ditentukan secara bertahap sedikit demi sedikit terlebih dahulu dan kemudian rasakan respons tubuh yang muncul usai meminumnya.

“Lebih baik Anda yang merasakan sendiri, biasanya kalau saya menyarankan mulai dari 1 sendok makan dalam sehari. Tapi itu dibagi jadi tiga dosis, atau tiga kali satu sendok teh dalam sehari,” terangnya.

Baca Juga: Berat Badan Turun Cepat, Cukup Hindari 4 Makanan Ini

Dokter ini juga menambahkan jika dengan dosis tertentu, tubuh Anda malah menjadi lemas, maka ubah dan sesuaikan dosis dengan kondisi tubuh masing-masing.

“Biasanya orang Diabetes ini mereka bisa merasakan kalau gulanya sedang naik. Selama tidak lemas (dengan dosis itu) tidak masalah. Maka lebih baik coba dulu sedikit-sedikit (sambil lihat reaksi tubuh),” jelasnya.

3. Campur dengan air putih

mencampurkan air putih dengan madu ketika akan dikomsumsi merupakan cara yang disarankan oleh dr. Zaidul Akbar.

Dengan mencampurkan air putih dengan madu membuat kadar gula dalam madu tidak terlalu tinggi sehingga mudah diserap tubuh.

Baca Juga: Sedang Viral, Pengamen Angklung Ini Dipalak Oknum Satpol PP di Bandar Lampung

“Agar tidak terlalu berat diserap oleh tubuh, saya menyarankan satu sendok teh madu dicampur air putih lalu Anda minum. Itu juga membuat madu itu lebih cepat diserap dalam tubuh dengan kadar gula tidak terlalu tinggi karena dia sudah larut dalam air,” ujarnya.

Demikian cara minum madu yang baik agar kadar gula darah tidak langsung naik kata dr. Zaidul Akbar.

Semoga bermanfaat.***

Editor: Tia Siregar

Sumber: YouTube dr. Zaidul Akbar Official

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X