• Minggu, 27 November 2022

Hari Batik Nasional 2022: Wujud Cinta Budaya Indonesia

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 05:05 WIB
Ilustrasi Hari Batik Nasional
Ilustrasi Hari Batik Nasional

KLIKSEMARANG.COMHari Batik Nasional 2022 yang diperingati tanggal 2 Oktober 2022 akan menjadi momentum, batik salah satu aset budaya Indonesia.

Minggu, 2 Oktober 2022 sebagai Hari Batik Nasional akan diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia sebagai wujud cinta akan budaya.

Hari Batik Nasional ditetapkan oleh pemerintah sebagai bentuk rasa syukur terhadap warisan budaya takbenda  yang ada di negeri ini yaitu batik

Baca Juga: Tasyakuran HUT Lalu Lintas Mapolda Jateng, Lahirkan Terobosan Kreatif dan Sukses dalam Penerapan ETLE

Keputusan ditetapkannya batik sebagai warisan budaya yang harus lestari diambil melalui sidang khusus UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) khusus di bawah naungan bidang pendidikan dan budaya.

Dilansir KlikSemarang.com dalam laman Intangible Cultural Heritage di situs UNESCO kain batik dijelaskan sebagai sebuah teknik simbolisme dan budaya yang tertuang dalam kain katun buatan tangan yang menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia dari hidup hingga mati.

UNESCO juga mempertegas bahwa batik yang ada di Indonesia pola dan bentuknya tercipta dari gabungan berbagai budaya seperti Arab, Eropa hingga jepang Cina dan Persia.

Batik juga merupakan hasil karya turun temurun sebagai simbol identitas Indonesia yang tercermin dari simbol, kreativitas, dan spiritual yang ada.

Dengan demikian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan melalui Keppres Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2009 setiap tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Halaman:

Editor: Dwi Widiya

Sumber: Unesco.org

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres Mak'uf Amin Serahkan Bantuan Baznaz RI ke MAJT

Sabtu, 19 November 2022 | 10:59 WIB
X