• Minggu, 27 November 2022

Di Balik Sukses Gala Dinner KTT G20, Presiden Jokowi Ungkap Panitia Merekayasa Cuaca agar Tidak Hujan

- Sabtu, 19 November 2022 | 08:52 WIB
Suasana kemeriahan acara gala dinner KTT G20 yang berlangsung sukses tanpa hujan di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Selasa 15 November 2022 malam. (Tangkap layar/Youtube Sekretariat Presiden)
Suasana kemeriahan acara gala dinner KTT G20 yang berlangsung sukses tanpa hujan di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Selasa 15 November 2022 malam. (Tangkap layar/Youtube Sekretariat Presiden)


KLIKSEMARANG.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan hal menarik yang tidak diketahui publik di balik kesuksesan acara jamuan makan malam atau gala dinner Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, pada Selasa 15 November 2022 malam.

Hal menarik yang tidak diketahui publik itu adalah upaya panitia melakukan rekayasa cuaca agar gala dinner KTT G20 berlangsung sukses dengan cuaca cerah tanpa hujan.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi ketika bertemu beberapa pemimpin redaksi media nasional di Hotel Apurva Kempinski, Bali pada Kamis 17 November 2022.

Baca Juga: Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Presiden Jokowi Sukses Gelar KTT G20 di Bali

Diketahui, KTT G20 di Bali berlangsung di tengah musim hujan sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi panitia, terutama acara gala dinner yang digelar di GWK, pada Selasa 15 November 2022 malam.

“Saya sudah putuskan gala dinner di GWK, disiapkan lighting-nya dengan baik, dan prakiraan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) pada hari itu akan hujan,” ucap Presiden.

Menurut Jokowi, setelah mendapat informasi bahwa diperkirakan akan hujan, panitia merencanakan untuk melakukan rekayasa cuaca.

“Kita menggunakan BMKG dan kita menyiapkan TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca),” ujar Jokowi, dilansir Kliksemarang.com dari laman Presidenri.go.id, Sabtu 19 November 2022.

Baca Juga: KTT G20 Sukses Digelar, Presiden Jokowi Bersyukur Hasilkan Deklarasi G20 Bali

Beberapa pemimpin redaksi menduga panitia KTT G20 menggunakan jasa pawang hujan. Namun hal itu dibantah oleh Jokowi.

Halaman:

Editor: Arby Yan

Sumber: Presidenri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres Mak'uf Amin Serahkan Bantuan Baznaz RI ke MAJT

Sabtu, 19 November 2022 | 10:59 WIB
X