• Minggu, 27 November 2022

12,1 Persen Pengguna Rokok Elektrik di Indonesia Ternyata Anak Sekolah, Simak Respons Ketua MPR RI Bamsoet

- Sabtu, 19 November 2022 | 11:08 WIB
Ilustrasi rokok elektronik. (Pixabay)
Ilustrasi rokok elektronik. (Pixabay)


KLIKSEMARANG.COM - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengungkapkan, berdasarkan hasil sebuah penelitian, pengguna rokok elektrik di Indonesia ternyata 12,1 persen dari kalangan anak sekolah.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa fenomena Youth Vaping Epidemic sudah mulai terlihat di Indonesia.

Bamsoet pun mengungkapkan rasa keprihatihan atas fenomena anak-anak sekolah sudah banyak yang kecanduan rokok elektrik.

Atas fenomena tersebut dan menanggapi hasil penelitian, Bamsoet memberikan respons berupa sejumlah imbauan untuk pemerintah.

Baca Juga: Wakil Presiden Makruf Amin Serahkan Bantuan Baznaz RI ke MAJT

Pertama, prihatin terhadap angka pengguna rokok elektrik di kalangan anak tersebut, untuk itu MPR meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian untuk segera menyikapi hal tersebut dengan menyusun regulasi yang mengatur pembatasan usia pembelian rokok elektrik tersebut.

Di samping itu mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar menjadikan fenomena Youth Vaping Epidemic sebagai salah satu concern pemerintah, mengingat pemerintah memiliki komitmen yang tertuang dalam target RPJMN Kemenkes 2020-2024 yaitu turunnya prevalensi konsumsi tembakau sebesar 8,7 persen pada usia 10-18 tahun.

Kedua, meminta pemerintah untuk dapat mengatur strategi baru dalam mengurangi jumlah perokok aktif baik rokok elektrik maupun konvensional khususnya di kalangan anak, salah satunya dengan melakukan pembatasan/mengurangi iklan rokok yang disiarkan melalui media massa maupun internet.

Baca Juga: Di Balik Sukses Gala Dinner KTT G20, Presiden Jokowi Ungkap Panitia Merekayasa Cuaca agar Tidak Hujan

Sebab menurut survei, 3 dari 4 remaja mengetahui iklan rokok dari internet serta 10 persen remaja mempunyai kecenderungan untuk merokok setelah melihat iklan rokok di media daring.

Halaman:

Editor: Arby Yan

Sumber: Siaran Pers MPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres Mak'uf Amin Serahkan Bantuan Baznaz RI ke MAJT

Sabtu, 19 November 2022 | 10:59 WIB
X