• Minggu, 27 November 2022

Munas Hipmi XVII, Ketua MPR RI Bamsoet Ingatkan Dunia Saat Ini Sedang Tidak Baik-Baik Saja

- Selasa, 22 November 2022 | 08:05 WIB
Munas Hipmi XVII, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Pengusaha Muda Antisipasi Krisis Global. (Dok MPR RI)
Munas Hipmi XVII, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Pengusaha Muda Antisipasi Krisis Global. (Dok MPR RI)

KLIKSEMARANG.COM - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengingatkan dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja. Secara ringkas, dunia dihadapkan pada 4C, yaitu Covid-19, conflict antarnegara, climate change atau perubahan iklim, serta krisis, baik krisis pangan, krisis energi, krisis keuangan, hingga krisis kepercayaan antarkomunitas global.

Untuk Covid-19, jumlah penduduk dunia yang terpapar Covid-19 telah mencapai 643 juta. Sebanyak 6,62 juta di antaranya meninggal dunia.

Upaya pengendalian pandemi Covid-19 juga masih dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti terus berkembangnya varian baru virus Covid-19, hingga kesenjangan akses terhadap distribusi vaksin khususnya bagi negara-negara berkembang dan miskin.

Baca Juga: 12,1 Persen Pengguna Rokok Elektrik di Indonesia Ternyata Anak Sekolah, Simak Respons Ketua MPR RI Bamsoet

Pengendalian pandemi dengan penerapan lockdown di beberapa negara, juga turut berkontribusi pada pelambatan pertumbuhan ekonomi global.

"Dunia juga dihadapkan pada perubahan iklim yang ditandai hadirnya cuaca ekstrem, dipicu peningkatan konsentrasi gas karbondioksida dan gas-gas lainnya di atmosfer yang menyebabkan efek rumah kaca. Selain menyebabkan pemanasan suhu bumi, perubahan iklim juga berdampak pada kenaikan permukaan air laut, hingga terjadinya berbagai bencana alam seperti banjir dan badai. Perubahan iklim yang ekstrem juga akan mengganggu produktivitas pertanian, yang secara tidak langsung juga berkontribusi pada krisis pangan global," ujar Bamsoet saat mengisi Forum Dialog dan Bisnis dalam rangka Munas Hipmi XVII di Surakarta, Senin 21 November 2022.

Turut hadir sebagai pembicata antara lain Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Kabaintelkam Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri mewakili Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming.

Baca Juga: Ketua MPR RI Bamsoet Apresiasi Presiden Jokowi Sukses Gelar KTT G20 di Bali

Hadir juga Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kepala LKPP Hendrar Prihadi, Ketua Umum KADIN Arsjad Rasjid, Ketua Dewan Pertimbangan KADIN Indonesia Anindya Bakrie, serta Pendiri sekaligus Ketua Umum HIPMI pertama Abdul Latief.

Halaman:

Editor: Arby Yan

Sumber: Siaran Pers MPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres Mak'uf Amin Serahkan Bantuan Baznaz RI ke MAJT

Sabtu, 19 November 2022 | 10:59 WIB
X