• Minggu, 27 November 2022

Buka Rakornas PKBSI, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Peningkatan Kualitas Kebun Binatang

- Jumat, 25 November 2022 | 09:59 WIB
Membuka Rakornas PKBSI, Ketua MPR RI Bamsoet mendorong peningkatan kualitas kebun binatang di seluruh Indonesia. (Dok MPR RI)
Membuka Rakornas PKBSI, Ketua MPR RI Bamsoet mendorong peningkatan kualitas kebun binatang di seluruh Indonesia. (Dok MPR RI)

 

KLIKSEMARANG.COM - Ketua MPR RI sekaligus Pelindung Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI) Bambang Soesatyo membuka Rakornas PKBSI di Bali, Kamis 24 November 2022.

Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet itu menuturkan hingga kini masih ada sebagian masyarakat yang menganggap kehadiran kebun binatang hanya sebagai wahana rekreasi.

Kebun binatang dianggap hanya sebagai tempat hiburan rakyat yang sehat dan terjangkau bagi masyarakat, yang biasa dikunjungi pada masa liburan sekolah, libur hari raya, atau pada setiap akhir pekan.

Baca Juga: Jangan Risau 1,6 Juta Guru Non Sertifikasi, Terima Tunjangan Profesi Segera

Padahal, menurut Bamsoet, sesungguhnya kebun binatang juga memiliki beberapa fungsi lain yang sangat penting.

"Salah satu fungsi penting kebun binatang sebagai lembaga konservasi satwa. Artinya kebun binatang menjalankan fungsi melindungi, melestarikan, dan 'menyejahterakan' satwa. Untuk itu, konservasi harus ditopang oleh penyediaan habitat yang sesuai dan terjaga kualitas lingkungannya," ujar Bamsoet saat membuka Rakornas PKBSI di Bali, Kamis 24 November 2022.

Dengan konservasi, lanjut Bamsoet, bisa menghindarkan satwa dari ancaman kepunahan dan mempertahankan keseimbangan ekosistem.

Baca Juga: FAKTA AJAIB! Tiga Hari Tertimbun Reruntuhan Gempa, Anak 5 Tahun Ditemukan Masih Hidup

Halaman:

Editor: Arby Yan

Sumber: Siaran Pers MPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres Mak'uf Amin Serahkan Bantuan Baznaz RI ke MAJT

Sabtu, 19 November 2022 | 10:59 WIB
X