• Minggu, 27 November 2022

Pospenas IX 2022 Solo, Kirab Obor Diambil dari Sumber Api Abadi Mrapen Lalu Dikirab ke Solo

- Senin, 21 November 2022 | 15:31 WIB
Wagub Jateng Gus Taj Yasin menerima obor dari Bupati Grobogan Sri Sumarni yang apinya diambil  dari api abadi Mrapen Grobogan Senin 21 November 2022 . (Portal Pekalongan/Ali)
Wagub Jateng Gus Taj Yasin menerima obor dari Bupati Grobogan Sri Sumarni yang apinya diambil dari api abadi Mrapen Grobogan Senin 21 November 2022 . (Portal Pekalongan/Ali)

 

KLIKSEMARANG.COM - Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional atau Pospenas IX 2022 akan digelar selama lima hari, mulai 23 hingga 27 November 2022 di berbagai lokasi sekitar Kota Surakarta.

Menjelang pesta olahraga untuk para santri itu, didahului Kirab Obor dan Pawai Santri Nusantara dari sumber api abadi di Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Senin 21 November 2022. Obor itu lalu dikirab ke Solo melalui Demak dan Kabupaten Semarang.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI Prof Dr H Waryono MAg menyatakan bahwa silaturahmi santri se-Nusantara penting.

Baca Juga: Usai Brigadir J Tewas, Saksi CS Bank Sebut Ada Uang Rp200 Juta Masuk ke Rekening Ricky Rizal

"Apalagi ini adalah hajat se-Nusantara yang digelar pascapandemi. Sesama santri se-Nusantara bisa silatirahmi sekaligus bertanding dalam Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional atau Pospenas IX Tahun 2022 di Solo," jelas Prof Waryono di sela-sela upacara pengambilan api abadi dari sumber api abadi di Mrapen di Grobogan, Senin 21 November 2022.

Api abadi diambil oleh pembawa obor diserahkan kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni SH MM dilanjutkan kepada Wakil Gubernur Taj Yasin Maemoen, dan Prof Waryono.

"Obor yang dikirab yang apinya diambil dari api abadi Mrapen ini akan dimintakan doa restu ke Yai Munif (KH Munif Muhammad Zuhri atau Gus Munif, Pengasuh Ponpes Girikusumo Demak)," kata Wagub Jateng Gus Taj Yasin.

Setelah mohon doa restu Gus Munif, obor Pospenas IX Tahun 2022 dibawa ke Pondok Pesantren Al Mas’udiyah Jl Raya Blater-Jimbaran, Bandungan, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Halaman:

Editor: Arby Yan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X